alexametrics
Rabu, 8 Desember 2021
Rabu, 8 Desember 2021

Ditinggal Gotong Royong, Rumah Warga Sokong Lombok Utara Terbakar

TANJUNG-Salah satu rumah warga Dusun Karang Nangka, Desa Sokong, Kecamatan Tanjung dilahap si jago merah, Jumat (17/9). Rumah milik Sumarsah, 70 tahun itu diduga terbakar akibat konsleting arus listrik.

”Kejadiannya sekitar pukul 08.30 Wita,” ujar Kapolsek Tanjung AKP Wahono Brurie Cahyono.

Ia menuturkan, kejadian diketahui berawal dari laporan warga yang melihat kobaran api, pukul 08.30 Wita. Warga berupaya memadamkan api dengan alat seadanya sambil menunggu kedatangan mobil pemadam kebakaran (damkar).

”Sekitar pukul 08.45 Wita Damkar KLU bersama polsek tiba di lokasi kejadian,” sambung dia.

Dibantu warga, tim berupaya memadamkan api yang sudah membakar sebagian rumah. Sekitar pukul 08.50 Wita api mampu dipadamkan.

”Perkiraan sementara sumber api berasal dari konsleting arus listrik. Percikan apinya mengenai sebuah kasur sehingga mengakibatkan terjadinya kebakaran,” jelas dia.

Cahyono melanjutkan, rumah yang terbakar tersebut merupakan Rumah Tahan Gempa (RTG) yang dihuni sepasang suami istri. Pada saat kebakaran, suami tengah ikut gotong royong di masjid. Sedangkan sang istri tengah berada di rumah tetangga.

”Jadi yang tahu pertama itu adalah tetangga yang sedang mencari anaknya di sekitar rumah korban,” kata dia.

Cahyono juga membeberkan, tidak ada korban jiwa dari peristiwa kebakaran tersebut. Namun api sudah membakar setidaknya 25 persen rumah dan perabotannya.

Mengenai kerugian material, pemilik rumah ditaksir mengalami kerugian sekitar Rp 8 juta. Sebab material yang terbakar sebuah tempat tidur, kipas angin, dan uang tunai Rp 700.000 yang disimpan di kasur.

”Api belum sampai mengenai atap rumah warga tersebut,” kata dia.

Plt Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Lombok Utara H Suhardi mengatakan, saat kebakaran pihaknya menerjunkan armada 04. Personel berjumlah delapan orang. Namun rupanya armada tersebut kesulitan masuk kawasan kejadian.

”Api berhasil dipadamkan personel kita dibantu warga dan aparat kepolisian setempat,” pungkas mantan sekretaris DP2KBPMD Lombok Utara itu. (fer/r9)

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks