Kamis, 8 Juni 2023
Kamis, 8 Juni 2023

Sekda KLU dan KPP Pratama Mataram Timur Resmikan Pos Pelayanan Pajak

TANJUNG-Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Mataram Timur Iteng Warih Patriarti, dan Sekda KLU Anding Duwi Cahyadi meresmikan Pojok Pajak Tanjung di Kantor Bapenda Kabupaten Lombok Utara (KLU), Rabu (18/1). Peresmian ini dihadiri perwakilan Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan ( KP2KP) Gerung dan sejumlah pejabat Bapenda KLU.

Lokasi Pojok Pajak Tanjung berpindah dari depan Pasar Tanjung ke Bapenda, tepatnya di depan RSUD KLU. Hal ini diharapkan bisa memudahkan Wajib Pajak (WP) menunaikan kewajiban mereka.

Kepala KPP Pratama Mataram Timur Iteng Warih Patriarti berterima kasih atas dukungan yang diberikan Pemerintah KLU. Dirinya berharap kegiatan kali ini dapat mempererat silaturahmi dan meningkatkan sinergi antara KPP Pratama Mataram Timur dan Pemerintah KLU. Terutama dalam mengoptimalisasi penerimaan pajak pusat dan daerah. ”Kami sangat mengapresiasi dukungan bupati Lombok Utara dan jajarannya dalam terwujudnya pelayanan Pojok Pajak Tanjung di lokasi yang baru,” ujarnya.

Pojok Pajak Tanjung ini melayani WP pada Senin dan Rabu pukul 09.00 Wita hingga 15.00 Wita. Iteng berharap kehadiran Pojok Pajak Tanjung ini menjadi cikal bakal terwujudnya Mall Pelayanan Publik. ”Kami berharap ini dapat mendekatkan pelayanan dalam membantu WP untuk tetap melaksanakan kewajiban perpajakannya,” tandasnya.

Baca Juga :  Momen Pergantian Tahun, Tak Ada Pemusatan Perayaan di KLU

Sekda KLU Anding Duwi Cahyadi mengatakan, pemindahan kantor ini lantaran lokasi sebelumnya dijadikan penyertaan modal untuk LKP BPR Kayangan. Untuk mendekatkan pelayanan mereka di Tanjung. ”Sehingga pojok pajak ini tidak ada tempat, makanya kita alihkan ke sini,” ujarnya.

Terdapat dua lokasi pojok pajak di KLU. Yakni di Bapenda di Tanjung dan Bangsal di Pemenang. KPP Pratama Mataram menilai KLU sangat bagus dalam hal pembayaran pajak. Sehingga perlu ditempatkan sebuah pohon pajak untuk mempermudah wajib pajak melakukan pembayaran. ”Di sini khusus pelayanan Senin dan Rabu,” sambungnya.

Dalam sehari terdapat minimal 30 orang membayarkan pajaknya. Hal ini yang mendasari penempatan pojok pajak di Bapenda KLU. Harapannya KPP Pratama Mataram dapat berkolaborasi dengan Bapenda terkait data pajak. ”Supaya nanti satu data persoalan pajaknya ini, masyarakat juga bisa bayar langsung pajak ke Bapenda juga ke KPP,” jelasnya.

Baca Juga :  Curah Hujan Meningkat, 10 Sungai di KLU Berpotensi Alami Banjir Bandang

”Jadi KPP ini mengurus pajak nasional, sedangkan Bapenda lebih kepada pajak daerah,” imbuh mantan asisten III Setda KLU ini.

Ke depan Anding berharap akan ada bangunan pelayanan pajak dalam satu bangunan, yakni Mall Pelayanan Publik. Sehingga masyarakat lebih mudah membayarkan berbagai wajib pajaknya di satu lokasi. ”Masyarakat hanya cukup bergeser ke loket saja kalau untuk bayar pajaknya,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Bapenda KLU Evi Winarni mengatakan, Pojok Pajak Tanjung merupakan upaya pemerintah daerah untuk mendekatkan pelayanan. Sehingga bisa menumbuhkan kepatuhan para wajib pajak dalam membayar pajaknya. ”Kedepannya kegiatan duduk pajak yang juga telah dilaksanakan dari tahun 2022 akan tetap dilakukan sampai dengan tingkat dusun,” tutupnya. (fer/r9)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Subscribe for notification