alexametrics
Sabtu, 25 Juni 2022
Sabtu, 25 Juni 2022

Bawaslu KLU Rekomendasikan Gelar PSU di Tiga TPS

TANJUNG-Bawaslu Kabupaten Lombok Utara (KLU) merekomendasikan kepada KPU setempat untuk menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di tiga TPS. Yakni di TPS 21 Sorong Jukung, Desa Tanjung,  TPS 1 Dusun Lading-Lading dan satu lagi di salah satu TPS di Desa Sigar Penjalin.

“Ada sejumlah masalah yang kami temui saat pemungutan suara yang berlangsung di TPS tersebut. Sehingga kami rekomendasikan digelar PSU,” tegas Ketua Bawaslu KLU Adi Purmanto,  kemarin (19/4).

Dijelaskan, di TPS Sorong Jukung, ditemukan adanya orang luar yang mencoblos menggunakan E-KTP, tetapi tidak terdaftar dalam pemilih tetap (DPT). Di TPS Dusun Lading-Lading terdapat kelebihan surat suara saat dilakukan rekapitulasi. Sedangkan di TPS Sigar Penjalin terdapat kekurangan 4 lembar surat suara saat rekapitulasi di tingkat TPS.

Baca Juga :  TGB Sebut Jokowi Berikan Perhatian Lebih untuk NTB

“PSU untuk TPS 1 Lading-Lading dan TPS 21 Sorong Jukung untuk lima jenis surat suara. Sementara di  TPS Sigar Penjalin, PSU dilakukan hanya pada surat suara pemilihan presiden (Pilpres), ” katanya

Adi menuturkan, sesuai aturan, PSU maksimal dilakukan 10 hari setelah pencoblosan. Karenanya ia mendesak KPU untuk segera mempersiapkan pelaksanaan PSU di tiga TPS ini. Khususnya menyediakan logistik yang dibutuhkan dan menetapkan tanggal pelaksanaan PSU.

Adi menilai, adanya persoalan di tiga TPS ini lebih banyak disebabkan kurangnya pemahaman KPPS setempat. Karenanya ia menyoroti efektifitas bimbingan teknis (bimtek) yang dilakukan KPU terhadap para petugas KPPS.

“Jika bimteknya efektif, tentu masalah seperti ini tidak akan terjadi,” ujarnya.

Baca Juga :  Puluhan Petugas Medis Terima Penghargaan

Terpisah, Ketua KPU KLU Juraidin mengatakan pihaknya sudah cukup maksimal menggelar bimtek mulai dari tingkat PPK, PAS dan KPPS. Pihaknya tidak menduga persoalan ini akan terjadi. Meski begitu, ia menegaskan siap menggelar PSU di tiga TPS tersebut.

“Secepatnya kita akan lakukan PSU. Nanti kita menyiapkan logistik dan tanggal pelaksanaannya,” pungkasnya. (fer/r4)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/