alexametrics
Senin, 15 Agustus 2022
Senin, 15 Agustus 2022

Rekapitulasi Suara di PPK Dimulai

TANJUNG-Rekapitulasi suara sudah mulai dilaksanakan di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) kemarin (19/4). Rekapitulasi suara ini akan dilakukan selama lima hari.

Komisioner KPU Kabupaten Lombok Utara (KLU) M Zaki Abdillah menuturkan, rekapitulasi baru mulai dilakukan di Kecamatan Tanjung, kemarin. Sedangkan Kecamatan Gangga rekapitulasi suara akan digelar hari ini.

“Kami menyerahkan jadwal rekapitulasi suara pada PPK. Yang jelas maksimal dilakukan selama 5 hari,” ujarnya.

Rekapitulasi surat suara ini diperkirakan akan menggunakan pola paralel. Artinya kemungkinan akan ada beberapa pleno di masing-masing PPK. Biasanya akan ada empat kelompok yang ikut pleno untuk mempercepat proses itu.

“Itu untuk mempermudah. Tapi bisa juga satu, itu tergantung PPK,” sambungnya.

Baca Juga :  Alumni Akabri 1989 Peduli KLU

Pleno rekapitulasi suara dilakukan secara terbuka dengan melibatkan sejumlah pihak. Hanya saja masyarakat umum tidak diizinkan masuk arena secara langsung untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Masyarakat boleh datang tapi hanya untuk menyaksikan saja prosesnya,” ungkapnya

Setelah pleno rekapitulasi suara oleh PPK digelar, dilanjutkan dengan pleno di tingkat KPU kabupaten. Pleno di KPU kabupaten tersebut dilakukan hanya sehari. KPU hanya merekap surat suara dari 5 kecamatan. Setelah itu dilakukan pleno rekapitulasi suara di tingkat KPU provinsi.

Ia menambahkan, pelaksanaan pemilu di KLU sejauh ini cukup baik dan lancar. Tidak ada kendala berarti yang terjadi selama pelaksanaan pemilu hingga kemarin.

Beberapa persoalan diakui sempat mengganggu pelaksanaan pencoblosan 17 April lalu. Seperti jumlah surat suara yang kurang dibandingkan dengan jumlah DPT yang terjadi di beberapa TPS.

Baca Juga :  Ratusan Miliar untuk Penataan Tiga Gili

“Seperti di beberapa TPS di Tanjung, Pemenang, dan Bayan. Tapi bisa diatasi dengan surat suara di TPS di dekatnya,” tandasnya.

Terpisah, Ketua Bawaslu KLU Adi Purmanto mengatakan, pihaknya akan turun langsung memonitoring pleno PPK. Bawaslu memiliki petugas di tingkat kecamatan yang akan mengawal proses tersebut.

“Kita harus memastikan pleno berlangsung sesuai aturan,” pungkasnya. (fer/r4)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/