alexametrics
Sabtu, 28 Mei 2022
Sabtu, 28 Mei 2022

KLU Atasi Persoalan Sampah dengan TPS 3R

TANJUNG-Produksi sampah di Kabupaten Lombok Utara (KLU) cukup besar per tahunnya. Mengatasi persoalan ini, Pemerintah KLU coba mengoptimalkan keberadaan TPS 3R di sejumlah titik. ”Timbunan sampah kurang lebih 30 ribu ton per tahun,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) KLU Rusdianto, Jum’at (21/1).

Persoalan ini perlu menjadi perhatian bersama semua pihak. KLU sendiri sudah mendapat bantuan pembangunan TPS 3R dari DAK 2021 Kementerian PUPR. Beberapa hari lalu bahkan baru diresmikan di tiga desa. Yakni Desa Anyar, Desa Akar-Akar, dan Desa Sokong.

Keberadaan TPS 3R ini diharapkan bisa menjadi sarana edukasi masyarakat soal penanganan sampah. Bahkan juga bisa dijadikan saran edukasi bagi anak-anak mengenai pentingnya menjaga lingkungan.

Baca Juga :  Sejumlah Hotel Dikhawatirkan Rasionalisasi Karyawan

”Nantinya  tempat ini dikemas semenarik mungkin supaya  masyarakat umum tertarik untuk datang ke TPS 3R,” katanya.

TPS 3R merupakan sistem dan teknologi pengolahan yang dihajatkan sebagai solusi persoalan sampah. Melalui TPS 3R ini, juga akan dihasilkan produk bernilai ekonomis dari sampah.

Terpisah, Wakil Bupati Lombok Utara Danny Karter Febrianto Ridawan mengatakan, persoalan sampah merupakan tanggung jawab bersama. TPS 3R yang dibangun harus dimanfaatkan masyarakat dengan maksimal.

TPS 3R kedepannya akan menjadi proyek berkelanjutan. Sehingga permasalahan sampah perlahan bisa teratasi.

Diharapkan, kedepannya pemanfaatan teknologi pengolahan sampah dapat menerikan dampak ekonomi bagi warga.

”Saya harapkan perputaran ekonomi yang di berikan lewat TPS 3R nantinya,” pungkasnya. (fer/r9)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/