alexametrics
Jumat, 12 Agustus 2022
Jumat, 12 Agustus 2022

Pemekaran Kecamatan Bayan, Terkendala Jumlah Desa

TANJUNG-Setelah memekarkan 10 desa baru, kini Pemda Kabupaten Lombok Utara berniat memekarkan kecamatan. Rencananya aka nada  Kecamatan Tiga Gili, Kecamatan  Bayan Barat dan Kecamatan Bayan Timur.

Meski wacana ini dinilai bagus, namun untuk merealisasikannya, Kecamatan Bayan perlu menambah 10 desa terlebih dahulu.

Kabag Pemerintahan Setda KLU H Rubain mengatakan, Bayan memiliki 40 persen luas wilayah kabupaten ini. Sehingga wajar dimekarkan. Namun untuk mekar, harus ada 10 desa yang ditinggalkan di kecamatan induk, dan desa di kecamatan baru kelak.

”Masih banyak hal yang harus dipersiapkan dulu,” ungkap dia, Minggu (21/6)

Kini jumlah desa di Kecamatan Bayan hanya sembulan. Solusinya, Kecamatan Bayan Barat bisa mengambil sebagian desa di perbatasan Kecamatan Kayangan. Seperti Desa Selengen dan Desa Salut.

Baca Juga :  Segera Purna Tugas, Bupati Najmul Minta Maaf

”Kemarin ada 3 desa di Bayan baru didefinitifkan. Setidaknya butuh 8 desa lagi dimekarkan,” sambung dia.

Ia melanjutkan, wacana bupati ingin memekarkan kecamatan tidaklah sulit. Pihaknya akan segera melakukan survei desa yang bisa dimekarkan lagi.

Menurut dia, jika Desa Salut dan Desa Selengan bergabung untuk Kecamatan Bayan Barat, secara otomatis Kecamatan Kayangan perlu menambah desa lagi.

”Apakah Desa Anyar nanti bisa dimekarkan, atau bahkan Desa Senaru juga misalnya, itu akan kita kaji lagi,” jelas mantan ketua KONI KLU itu.

Dijelaskan, memekarkan desa saat ini tidak perlu menunggu lima tahun lagi. Pemda KLU sudah memiliki pengalaman memekarkan 10 desa belum lama ini. Pemekaran desa saat ini bisa dilakukan dalam waktu tiga tahun.

Baca Juga :  Investasi di Lombok Utara, Akan Dibangun 150 Villa dan Lapangan Golf

”Bahksn kalau memang siap, satu tahun pun bisa dilakukan,” klaim dia.

Sebelumnya, Bupati Lombok Utara H Najmul Ahyar menjelaskan rencana memekarkan Kecamatan Bayan menjadi Kecamatan Bayan Barat dan Bayan Timur itu. Alasannya untuk mendekatkan pelayan terhadap masyarakat di pedalaman.

”Saya berpikir, Bayan adalah  salah satu kecamatan yang luas dan juga keterjangakuan pelayanannya yang harus kita perhatikan,” kata Najmul

Selain luas, Bayan memiliki penduduk cukup banyak. Sehingga perlu dilakukan pemekaran untuk mempermudah dan mempercepat akses pelayanan. (fer/r9)

 

 

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/