alexametrics
Selasa, 9 Agustus 2022
Selasa, 9 Agustus 2022

Warga Lingkar Proyek Dukung Pembangunan Kantor Bupati KLU

TANJUNG-Dinas PUPR KLU mulai melakukan sosialisasi pembangunan kantor bupati, di Balai Dusun Kandang Kaoq, Desa Tanjung, kemarin (22/2). Kegiatan dihadiri sejumlah tokoh masyarakat lintas desa dan perusahaan pemenang tender, PT Damai Indah Utama.

Kepala Bidang Cipta Karya Iwan Sagiawan mengatakan, DPRD akan menetapkan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW). Hal ini memiliki konsekuensinya yang harus dilakukan pemerintah daerah.

”Salah satunya menuntut pemerintah membentuk pusat kota pemerintahan,” ujarnya.

Menopang hal tersebut, Pemerintah KLU telah menetapkan Tanjung sebagai pusat kota pemerintahan. Bentuk wajah kota akan dimulai dengan pembangunan kantor bupati lengkap dengan sarana penunjangnya.

”Kita siapkan segala sesuatunya mulai lansekap, bangunan kantor, akses jalan, dan Tanjung sebagai wajah kota,” jelasnya pada warga yang hadir.

Pembangunan kantor bupati merupakan loncatan pertama. Nantinya akan diikuti dengan pembangunan fisik lainnya.

”Terkait bangunan drianse, perbaikan tata jalan, penataan permukiman Kali Sokong, dan sepanjang jalan negara sudah dilakukan pembahasan dan akan diatur dalam peraturan daerah (perda),” sambungnya.

Pembahasan perda tersebut sudah masuk dalam sidang ketiga DPRD tahun ini. Dalam perda tersebut ditargetkan kurun waktu lima tahun kedepan, pusat pemerintahan sudah terlihat dengan ibu kotanya di Tanjung.

Baca Juga :  Jadi Tersangka Kasus Korupsi, Wabup Lombok Utara Tetap Kerja

Selain itu, 2024 nanti juga akan dibangun kantor DPRD, sembilan kantor OPD, serta pendopo bupati dan wakil bupati. Sementara lapangan Supersemar Tanjung dirancang sebagai alun-alun.

Direktur Pelaksana Operasional PT Damai Indah Utama Ali Asgar mengatakan, mutu bangunan akan disesuaikan dengan anggaran. Selain itu juga membutuhkan dukungan warga sekitar.

”Karena mobilisasi material dan pengerjaan konstruksi bangunan membutuhkan kenyamanan,” ucapnya.

Mobilitas material nantinya menggunakan jalan masuk di jalan sisi Timur RSUD. Sedangkan untuk keluarnya melalui jalur sisi kanan, tepatnya di sebelah kantor Satpol PP. Dukungan warga lingkar proyek ini dinilainya akan menentukan kondusivitas pelaksanaan pengerjaan.

”Kami berterima kasih atas dukungan lintas tokoh dan warga,” sambungnya.

Secara teknis beberapa item pengerjaan seperti pengecoran lantai beton butuh waktu cukup panjang dan sedikit bising. Suara bising ini dihasilkan dari mesin kendaraan redimix.

”Jam kerja kami normal dari jam 7.00-17.00 Wita, kecuali pekerjaan insidentil seperti pengecoran beton plat,” jelasnya.

Kepala Desa Tanjung Budiawan mengatakan, warga Tanjung sudah memiliki pengalaman heroik saat pengerjaan Proyek RSUD. Saat itu ada keributan antar warga Tanjung dengan pekerja yang nyaris berujung tawuran. Sebab itu, dirinya berharap ada keterlibatan warga dalam pembangunan nantinya.

Baca Juga :  Sejumlah Hotel Dikhawatirkan Rasionalisasi Karyawan

”Hal ini (keributan,Red) sebisa mungkin dihindari dengan melibatkan mereka pada hal yang sekiranya bisa disesuaikan,” katanya.

Selain itu, akses jalan masuk yang ada di Dusun Karang Jero diharapkan agar diperbaiki, karena sering terjadi genangan air. Sehingga tidak perlu ada relokasi bagi warga RT 3 di dusun itu nantinya.

”Kami berharap akses jalan yang ada genangan air terlebih dulu ditimbun dan tidak ada material yang tercecer. Intinya kami mendukung pembangunan,” tandasnya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kantor Bupati Rangga Wijaya menambahkan, sosialisasi tersebut tidak menuai kendala. Tokoh dan warga lintas desa yang hadir menyatakan dukungan pada kegiatan pembangunan tersebut.

Gedung Bupati nantinya akan dibangun di atas lahan seluas 2,5 hektare, tepatnya di Selatan RSUD KLU. Nantinya gedung induk kantor bupati akan berlantai empat dan menghadap barat. Sedangkan di belakang bangunannya berlantai dua dan terdapat sarana ibadah di lantai atas.

”Luas lansekap areanya kurang lebih 1,7-2 hektare,” pungkasnya. (fer/r9)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/