alexametrics
Jumat, 12 Agustus 2022
Jumat, 12 Agustus 2022

Pemkab KLU Beri Subsidi Bunga Pinjaman Bagi Pelaku Usaha Kecil

TANJUNG-Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) memutuskan memberi bantuan subsidi bunga pinjaman bagi pelaku usaha. Pinjaman senilai maksimal Rp 5 juta itu diperuntukkan bagi usaha kecil seperti pedagang bakulan.

”Bunga nol persen ini untuk usaha kecil, sekarang sedang kita buat regulasinya,” ujar Kepala Bappeda KLU Parihin, kemarin (23/3).

Pemerintah juga akan mendorong seluruh bank di KLU untuk membantu program ini. Pinjaman tersebut nantinya akan diberikan pada pedagang bakulan di KLU. Pedagang kecil tersebut hanya perlu melakukan pengembalian pokok pinjaman saja. Bunga pinjaman sudah dibayarkan Pemerintah KLU.

”Jadi kita yang tanggung bunganya,” sambungnya.

Terhadap program ini, Pemerintah KLU telah menganggarkan Rp 750 juta. Persyaratan mendapatkan subsidi bunga pinjaman ini pun dipermudah pemerintah. Masyarakat hanya perlu menyerahkan e-KTP dan Nomor Induk Berusaha (NIB).

Baca Juga :  Sewa Lahan Tambak Diperpanjang, Dewan Kritik Langkah Pemkab Lotara

”Ini upaya pemulihan ekonomi untuk masyarakat. Pemerintah hadir untuk memberikan ini,” katanya.

”Soal jumlah pedagang yang kita akan akomodir, belum kita hitung,” tandasnya.

Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu mengatakan, bantuan pinjaman ini nantinya melalui bank. Namun bunga pinjaman tersebut tidak menjadi beban pelaku usaha kecil.

”Bunganya itu nol persen karena kita yang bayar, sekarang ini kita tengah siapkan,” ujarnya.

Terkait jumlah pinjaman, perorang dibatasi maksimal Rp 5 juta. Pemberian diprioritaskan pada usaha kecil seperti pedagang bakulan dan sejenisnya.

”Kalau Rp 5 juta cukup Rp 500 ribu bunganya,” bebernya. (fer/r9)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/