alexametrics
Sabtu, 25 Juni 2022
Sabtu, 25 Juni 2022

Perbaiki Pasar di KLU, Pusat Anggarkan Rp 11,5 Miliar

TANJUNG– Pemerintah Pusat menggelontorkan dana perbaikan sejumlah pasar di Kabupaten Lombok Utara (KLU) sebesar Rp 11,5 miliar. Anggarannya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun ini.

“Kami tengah menyusun desain untuk pasar-pasar tersebut,” ujar Sekretaris Dinas Koperindag KLU H Ye’ Bakar, kemarin (27/2).

Ia menuturkan, anggaran tersebut sudah dibagi-bagi per kecamatan. Untuk Kecamatan Pemenang sebesar Rp 4 miliar, Kecamatan Tanjung Rp 2,5 miliar, Kecamatan Gondang Rp 2,5 miliar, dan Kecamatan Kayangan Rp 2,5 miliar. Semua pasar tersebut sudah disurvei Diskoperindag.

“Tinggal yang di Gangga ini, pasarnya  yang rusak cuma sedikit, dan akan segera selesai,” sambungnya.

Ia melanjutkan, untuk Pasar Tanjung pihaknya sudah berkomunikasi dengan Dinas PUPR. Hal ini dikarenakan mereka membangun di kawasan tersebut. Pihaknya kini tengah mengkomunikasikan terkait bangunan pertokoan di belakang pasar.

Baca Juga :  Urus Sampah, DLH KLU Tambah Lima Armada

Ye’ Bakar mengungkapkan, pasar-pasar tersebut akan dibangun dari awal. Sementara master plannya akan disesuaikan lebih lanjut sesuai dengan kondisi di daerah tersebut.

Menurutnya, tidak semua pasar hanya diperbaiki. Ada beberapa pasar yang akan digusur dan dibangun ulang. Seperti di Kecamatan Pemenang, ada lahan 8 are lagi dekat pasar yang akan dibebaskan untuk lokasi pasar yang baru.

“Untuk pembebasan lahan, sudah disediakan anggaran dari APBD sebesar Rp 800 juta,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya segera menggelar tender untuk membangun pasar. Sejauh ini proses tender masih dalam tahap persiapan. (fer/r3)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/