alexametrics
Kamis, 24 September 2020
Kamis, 24 September 2020

Polres KLU Tegakkan Protokol Kesehatan di Destinasi Wisata dan Ponpes

Polres Lombok Utara mengerahkan para personel untuk perang melawan Covid-19 di wilayah hukum mereka. Penegakan protokol kesehatan di destinasi wisata dan aktivitas pondok pesantren menjadi perhatian utama. Polres Lotara menolak lengah dan tak ingin kecolongan.

——————–

 

BAGI Kapolres Lombok Utara AKBP Feri Jaya Satriansyah, Lomba Kampung Sehat adalah upaya penanganan covid-19 secara fokus dan lebih terperinci. Itu sebabnya, lomba ini tidak hanya melulu menyentuh aspek kesehatan belaka. Namun, juga sektor pendidikan, ekonomi, dan kehidupan masyarakat.

Kepada Lombok Post, Kapolres mengemukakan, saat ini pihaknya gencar menyosialisasikan gerakan 3M pada masyarakat. Yakni menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Hal ini sudah digaungkan sejak awal muncul kasus positif di KLU. Polres Lombok Utara langsung menyebarkan 372 spanduk yang berisikan peringatan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan. Spanduk tersebut dipasang di 372 dusun di KLU.

“Kita ada Posko Kampung Sehat juga di sini,” sambung dia.

Pola ini diterapkan sejak awal pandemi merebak hingga adanya kampung sehat. Sebab, untuk membangkitkan sektor lainnya, kesehatan menjadi hal yang penting. Salah satunya seperti penataan Pasar Bayan. Pihaknya intens melakukan penataan pasar sesuai dengan protokol kesehatan.

Di Kampung Sehat, kata Feri, pihaknya selalu melakukan kegiatan preventif, refresif, dan preemtif. Seperti mensosialisasikan pakai masker hingga jaga jarak di keramaian. Pihaknya menggunakan banner atau spanduk yang disebar hingga seluruh pelosok desa. Termasuk juga menggunakan radio, media online, media massa, hingga door to door.

“Saya juga turun langsung untuk menyosialisasikan ke masyarakat agar tetap mengikuti protokol kesehatan. Bahkan di sini ada,” ungkap dia.

Saat ini, sektor pariwisata dan pendidikan yang menjadi prioritas utama untuk penanganan covid-19. Sebab, pariwisata merupakan sumber PAD utama KLU. Sedangkan pendidikan, ada belasan pesantren di KLU yang sudah mulai belajar tatap muka.

Pada pariwisata, pihaknya mendorong seluruh pengusaha hotel dan restoran di Tiga Gili dan daratan menerapkan CHS (Clean, Health, and Safety). Dari 420 hotel yang ada, baru 240 hotel yang sudah menerapkan itu dan memiliki sertifikatnya.

Begitu juga dengan wisata Senaru. CHS juga wajib diterapkan untuk menerima wisatawan. Termasuk juga saat wisatawan yang akan mendaki melalui pintu Senaru wajib melalui protokol covid-19.

Di sektor pendidikan, pihaknya tengah mengatensi tatap muka yang dilakukan pondok pessantren. Sudah ada 16 pondok pesantren yang sudah diizinkan mulai belajar tatap muka. Namun itu dengan syarat harus melakukan protokol covid-19. Mulai dari belajar berjarak sambil memakai masker, menyediakan fasilitas cuci tangan, hingga tidak boleh pulang pergi.

“Kalau pulang pergi itu risiko penularannya besar, jadi tidak diizinkan,” kata dia.

Bahkan keluarga santri/santriwati yang datang membesuk pun harus mengikuti protokol kesehatan. Jadwal kunjungan mereka dibatasi. Sedangkan orang di luar dilarang masuk jika  tidak ada kepentingan mendesak.

“Wajib ada ruang isolasi,” tegas dia

“Kita terus edukasi mereka untuk protokol kesehatan ini. Alhamdulillah sejauh ini belum ada temuan kasus di sana,” imbuh Feri.

Penangan covid selama di kampung sehat juga dilakukan secara tidak langsung. Di sektor ekonomi, Polres Lotara mendorong ekonomi warga dan UMKM. Seperti di Genggelang, home industry dibantu untuk menghidupkan usaha cokelat di tengah pandemi.

Polres Lotara membantu menjembatani produk coklat yang dihasilkan warga Genggelang agar dibantu promosi Pemda. Pihaknya tak ingin komoditas utama KLU itu mati suri akibat pandemi.

Begitu juga dengan di Desa Rempek. Polres Lotara ikut membantu memasarkan kopi yang dihasilkan UMKM setempat. Sedangkan di Desa Sambik Elen, pihaknya membantu warga menciptakan pupuk organik dari sampah rumah tangga warga.

“Kenapa kami turun tangan, karena perekonomian warga menurun akibat pandemi ini. Kita dorong agar tetap terjaga,” aku dia.

Selain bidang kesehatan dan ekonomi, penanganan lainnya juga di bidang keamanan. Turunnya aktivitas ekonomi dan banyaknya pekerja dirumahkan menjadi kekhawatiran tersendiri. Agar itu tidak mengganggu kamtibmas di lingkungan, pihaknya mendorong agar warga mengaktifkan kembali poskamling.

Termasuk juga saat menyelesaikan masalah yang terjadi. Masyarakat diarahkan untuk penyelesaian secara kekeluargaan melalui MKD (Majelis Krama Desa) di masing-masing desa.

Ia menambahkan, selama pandemi ini pihaknya sudah membagikan sekitar 3.000 masker untuk warga. Begitu juga dengan sembako, 2.500 paket telah diterima warga yang membutuhkan. Polres Lotara juga ikut membantu pemberian alat pemakaman, APD, alat rapid test, hingga bedah rumah warga.

“Itu semua bagian daripada kegiatan kampung sehat dalam rangka menciptakan masyarakat sehat,” tandas dia.

“Kita juga patroli covid-19. Ada 62 kendaraan dibranding dengan stiker Pejuang Covid,” kata Feri. (fer/r6)

 

- advertisement mobile-

Berita Terbaru

Tekan Jumlah Pernikahan Dini, Rutgers Gandeng Pemkab Lobar

"Khusus di Lobar terdapat SK dari Dikbud Lobar untuk memperbanyak jumlah SMP dalam memberikan pembelajaran kesehatan reproduksi yang komprehensif melalui modul setara. Total SMP yang mengadaptasi modul setara meningkat dari 4 SMP menjadi 9 SMP. Ini menandakan respons baik pemkab dan memiliki tujuan sama untuk menekan pernikahan usia dini," terangnya.

Review Deliveree Indonesia: Pengalaman Sewa Truk Colt Diesel

Logistik merupakan hal yang sangat kompleks dan rumit. Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan dunia logistik pasti sudah tahu seberapa ribetnya memastikan barang atau kargo yang ingin dikirimkan tiba dengan selamat di lokasi tujuan.

Hasil Survei Indikator, Elektabilitas HARUM Paling Tinggi

“Pak Mohan Roliskana hingga sejauh ini paling potensial menang dalam pemilihan mendatang,” ujar  Wakil Ketua DPP Golkar Ahmad Doli Kurnia dalam pemaparan yang dilakukan secara online dari DPP Golkar Jakarta, (18/9) lalu.

Polisi Pantau Kampanye Hitam di Pilwali Mataram

Pelaksanaan Pilkada di Kota Mataram mendapat atensi penuh pihak TNI-Polri. Polresta Mataram dan Kodim 1606 Lobar telah melakukan pemetaan potensi konflik dan mencegah secara dini beberapa konflik yang biasa terjadi pada masa Pilkada.

Trailer Film MOHAN Bikin Baper

Kreativitas sineas Kota Mataram terasa bergairah. Ditandai dengan garapan film bergenre drama romantic berjudul ‘Mohan’ yang disutradai Trish Pradana. Film yang direncanakan berdurasi sekitar 35 menit ini mengisahkan perjalanan asmara Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskan dengan istrinya Hj Kinastri Roliskana. Film Mohan dijadwalkan mulai tayang Bulan Oktober mendatang.

Pasangan Calon Harus Memberi Perhatian pada DPT

PESERTA pemilihan yaitu Pasangan Calon harus menunjukkan perhatian lebih pada seluruh tahapan yang ada, bukan hanya pada saat pendaftaran calon atau pada pemungutan suara saja. Salah satu tahapan yang sangat menentukan ialah tahapan Penyusunan dan Pemutakhiran Daftar Pemilih atau cukup disebut dengan penyusunan DPT.

Paling Sering Dibaca

Perubahan Sosial di Era Pandemi

KEHADIRAN pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) telah mengubah tatanan dunia dalam waktu singkat. Barangkali juga tidak ada yang pernah membayangkan bahwa pandemi ini akan menyebabkan derita kemanusiaan yang begitu mendalam. Bahkan dalam waktu yang tidak lama, pandemi ini telah menyebar secara cepat dalam skala luas dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Siswa SMP di Loteng Menikah, Kenal Lewat HP, Pacaran Cuma Empat Hari

Meski belum cukup umur, Suhaimi dan Nur Herawati telah resmi menjadi pasangan suami istri. Bagaimana kisahnya sampai mereka memutuskan menikah? Berikut ulasannya.

Bantuan Uang Tunai untuk Warga Terdampak Korona Diperpanjang Sampai Desember

JAKARTA–Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang pemberian bansos. Awalnya, bansos hanya diberikan tiga bulan dari April sampai Juni, namun akhirnya diperpanjang hingga Desember 2020. Sehingga, total...

Perkembangan Bahasa Indonesia sebagai Pemersatu Bangsa

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa...

Sutradara Trish Pradana, Angkat Kisah Mohan ke Layar Lebar

Sutradara Trish Pradana tak henti melahirkan karya. Di tengah Pandemi Korona ini ia kembali ke balik layar menuntaskan film baru bertajuk "Mohan". Ini merupakan film yang diangkat dari kisah hidup Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana sewaktu remaja.
Enable Notifications    Ok No thanks