alexametrics
Jumat, 12 Agustus 2022
Jumat, 12 Agustus 2022

Pokdarwis Bukit Goa, Ciptakan Objek Wisata, Buka Lapangan Pekerjaan Baru

Lombok Utara memiliki peninggalan zaman perang. Salah satunya Bukit Goa Nippon di Desa Sokong, Tanjung. Hanya saja, objek ini tidak terlalu populer.

Di tangan anak-anak muda Desa Sokong, objek ini diubah menjadi lokasi wisata yang bisa menarik wisatawan. Kreativitas pemuda yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bukit Goa ini bisa menghidupkan kembali objek tersebut.

“Kita mulai merombak Bukit Goa ini selama dua bulan. Sekarang banyak masyarakat yang menjadikan ini lokasi wisata keluarga,” ujar Ketua Pokdarwis Bukit Goa, Adi Putra.

Upaya pokdarwis ini membersihkan goa dan sekitarnya agar masyarakat bisa langsung merasakan masuk ke dalam goa yang dipercaya sebagai sisa-sisa perang zaman dulu. “Proses yang lama itu membersihkan goa dan sekitarnya,” katanya.

Goa ini memiliki kedalaman sekitar lima meter. Di dalam goa ada empat ruangan kecil. Karena pintu masuk goa yang rendah, masyarakat yang masuk harus menunduk.

Baca Juga :  Innalillahi, Korban Curas di KLU Meninggal Dunia

Tidak hanya membersihkan areal goa, mereka juga menambahkan beberapa objek yang bisa digunakan untuk swafoto. Seperti sayap kupu-kupu dan ayunan.

Dua objek tambahan ini terbukti bisa menarik minat masyarakat untuk datang. “Karena ada tempat foto-foto makin banyak masyarakat yang datang,” katanya.

Upaya mereka mengubah objek yang tidak pernah dilirik ini patut diapresiasi. Mereka mengumpulkan sendiri dana secara swadaya untuk membeli peralatan yang dibutuhkan. “Sekarang kita coba minta dana dari beberapa pihak. Dengan mengajukan proposal,” cetusnya.

Dana ini rencananya digunakan untuk menambah beberapa spot swafoto. Sehingga masyarakat yang datang memiliki pilihan berswafoto. “Sekarang ini warga sangat bergantung ke media sosial. Mereka mencari spot foto yang bagus kemudian diunggah ke media sosial,” tuturnya.

Baca Juga :  Selain MotoGP, Gili Festival Bisa Jadi Titik Balik Pariwisata Gili Tramena

Di sisi lain, hidupnya lokasi ini, masyarakat sekitar juga terbantu. Mulai dari menjadi tukang parkir atau berjualan di sekitar lokasi. Ini tentu dampak positif dari kehadiran Bukit Goa.

“Banyak pemuda di sini belum bekerja. Jadi dengan adanya spot ini diharap bisa menjadi pekerjaan sementara mereka,” katanya.

Tidak hanya itu, pemuda yang tergabung dalam pokdarwis jadi memiliki aktivitas positif. Dengan harapan mereka bisa terhindar dari hal-hal negatif seperti narkoba, judi dan miras.

“Anggota kita sekarang ada 20 orang lebih. Padahal baru berdiri dua bulan. Ini bagus untuk aktivitas anak-anak muda di desa,” tandasnya. (puj/r8)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/