alexametrics
Kamis, 11 Agustus 2022
Kamis, 11 Agustus 2022

Tak Laku dan Ingin Fokus ke Reels, Instagram Umumkan Hapus IGTV

Kendati tren teknologi saat ini lebih condong ke konsumsi konten visual, nyatanya tak semua platform penyedia layanan ini bisa meraup untung. IGTV dari Instagram misalnya. Dibuat kali pertama dengan maksud menyaingi YouTube, IGTV kini tak laku dan bahkan disebut bakalan ditutup.

Hal ini setelah Instagram resmi mengumumkan telah menghapus aplikasi IGTV mandiri. Namun demikian, fitur IGTV tetap ada di aplikasi utama Instagram.

Instagram berdalih, aplikasi mandiri IGTV dihentikan agar kreator lebih mudah dalam membuat atau menemukan konten berbasis video. Sebagai pengingat, aplikasi IGTV mulanya diperkenalkan pada 2018 lalu.

Saat itu, aplikasi dipisah dari Instagram agar menjadi wadah untuk video format vertikal dengan lebih panjang dan diharapkan dapat menjadi pilihan lain bagi pengguna di tengah persaingan platform berbagi video yang sengit. Kemudian tahun lalu, Instagram telah menggabungkan Feed Video dan IGTV dalam format baru menjadi Instagram Video. Penggabungan ini dikatakan menjadi rencana mereka untuk terus berinvestasi di Reels.

Baca Juga :  Elon Musk Kerahkan Starlink ke Ukraina, Apa Itu Starlink?

Dengan penutupan ini, aplikasi IGTV akan segera dihapus dari Google Play Store dan Apple App Store. Pengumuman ini dibuat di Instagram Blog for Creators dan mengakhir “hidup” aplikasi yang telah selama empat tahun ini hadir.

Sementara itu, dikutip The Verge, keputusan ini diambil ketika Instagram ingin pengguna dapat dengan mudah berbagi video, dan mendorong video pendek yang kini dikenal sebagai Reels.

Lebih lanjut, aplikasi IGTV akan sepenuhnya ditutup dan dihapus dari toko aplikasi Google dan Apple pada pertengahan Maret. Jejaring media sosial itu juga mencatat, iklan video in-stream juga tidak akan lagi didukung. (jpg)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/