alexametrics
Senin, 24 Januari 2022
Senin, 24 Januari 2022

Angin Segar Industri NFT dari Viralnya Foto Ghozali Seharga Miliaran

Pemuda yang viral bernama Ghazali (22) alias Ghozali Everyday menarik perhatian di sosial media karena keberhasilannya menjual ratusan foto selfie dalam bentuk non-fungible token (NFT). Melalui platform jual beli NFT yaitu Open Sea dirinya berhasil meraup untung hingga puluhan juta rupiah dari hasil penjualan foto selfienya dari awalnya hanya puluhan ribu rupiah hingga saat ini senilai miliaran rupiah.

Foto selfie Ghozali dibandrol dengan harga Rp 45 ribu kini laku di angka Rp 14 Juta per foto. Seiring bertambahnya peminat harga foto selfie pun terus meroket. Salah seorang kolektor bahkan menghargai sekitar USD 3 juta dolar atau setara Rp 42 miliar.

Ekonom Institut for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda memandang, kehadiran NFT Ghozali tersebut ikut memberikan efek positif terhadap industri NFT khususnya ke marketplace NFT.

’’Efek dari foto Ghozali yang dijual dengan angka yang fantastis akan membuat minimal pencarian apa itu NFT akan meningkat. Orang akan jadi lebih mengenal NFT,” kata Huda saat dihubungi oleh JawaPos.com, Kamis (13/1).

Namun kata Huda, sebelum fenomena Ghozali, NFT memang sudah eksis dengan berbagai karya seni yang unik dan mempunyai nilai. Namun memang pasarnya masih sangat terbatas. ’’Jadinya gak begitu dikenal oleh publik,” ucapnya.

Bahkan, Huda menambahkan, foto selfie Ghozali memang sengaja diborong untuk mendongkrak harga hingga viral dan timbul minat pada industri tersebut. Sehingga, masyarakat cenderung melihat industri NFT ini sebagai fenomena yang baru.

’’Saya malah curiganya produk NFT Ghozali memang sengaja dinaikkan harganya untuk bisa memviralkan industri NFT ini mas. Hehe. Jadi orang-orang akan melihat industri NFT ini sebagai fenomena yang baru. Keviralan menjadi kuncinya,” tegas dia. (jpg/*)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks