alexametrics
Kamis, 11 Agustus 2022
Kamis, 11 Agustus 2022

Jaringan 5G XL Axiata Siap Manjakan Penonton MotoGP

MATARAM-PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) tidak mau ketinggalan untuk ikut menyukseskan event MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok. Mulai hari ini layanan data dan internet super cepat sudah bisa diakses pelanggan dengan menggunakan smartphone 5G.

“Layanan 5G XL Axiata ini akan bisa diakses di sejumlah titik di seputar Sirkuit Mandalika,” kata Regional Group Head XL Axiata East Region Dodik Ariyanto.

Secara umum, upaya XL Axiata dalam menggelar jaringan 5G di Mandalika dikemas dalam dua tujuan, yaitu 5G Experience dan 5G Showcase. Untuk 5G Experience, pita frekuensi yang digunakan adalah 3.5 MHz di sejumlah titik akses 5G telah disiapkan di seputar sirkuit yang akan menjangkau area VVIP dan beberapa lokasi grandstand. Sebab ini merupakan kawasan yang menjadi lokasi berkumpulnya penonton balapan, jurnalis dan broadcaster, tim pendukung, serta satuan kerja event MotoGP.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan serangkaian uji coba 5G XL Axiata yang telah dilaksanakan dengan spektrum 3.5 GHz menunjukkan hasil memuaskan. Karena itu, saat ini jaringan 5G XL Axiata telah siap sepenuhnya mendukung penyelenggaraan MotoGP Mandalika. Sekaligus mengenalkan layanan akses data dan internet super cepat ini kepada masyarakat. Termasuk tamu asing yang hadir di event internasional ini.

“Bagi XL Axiata, momentum ini juga sekaligus menjadi sarana yang sangat bagus untuk kami menambah jam terbang dalam mengelola jaringan 5G,” terangnya.

Untuk dapat menikmati layanan 5G Experience XL Axiata, pengunjung harus memastikan smartphone yang dipakai mendukung jaringan seluler generasi kelima di pita frekuensi 3.5 GHz serta simcard yang dimiliki sudah uSIM. Sementara melalui penggelaran 5G ini, pengunjung akan dapat merasakan pengalaman 5G yang sesungguhnya.

Baca Juga :  Layanan Broadband Melonjak saat MotoGP

Ada beberapa keunggulan dibandingkan jaringan 4G. Diantaranya data rate (kecepatan data) lebih tinggi, latency lebih rendah, dan jumlah connection density (kerapatan koneksi) lebih banyak dari 4G.

Sementara itu untuk keperluan 5G Showcase, XL Axiata akan menghadirkan beberapa layanan demo atau use case menggunakan pita frekuensi 26 GHz. Antara lain 5G immersive games and experience seperti MotoGP AR Game, 360 Degree Real-time Security Surveillance, dan 5G 8K Entertainment. Masyarakat dan pelanggan XL Axiata bisa mencoba demo-demo menarik tersebut di Booth XL Axiata 5G Showcase. Di tempat yang sama, pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan layanan seperti registrasi kartu baru, daftar paket internet, dan informasi mengenai produk XL Axiata.

XL Axiata gencar melakukan peningkatan seperti jangkauan jaringan di beberapa titik di sekitar area Mandalika. Diantaranya penggunaan teknologi terbaru Massive MIMO serta penambahan hingga 9 Mobile BTS (MBTS) pada titik-titik hotspot serta titik-titik akses kawasan. Gunanya memastikan kelancaran aktivitas internet bagi pengunjung, masyarakat serta satuan kerja pada area kawasan.

Layanan XL Axiata telah hadir di 54 kecamatan dan 5 kabupaten/kota di Lombok. Total ada lebih dari 4.000 BTS di seluruh Lombok, dengan 1.700 di antaranya BTS 4G. Jumlah BTS 4G tersebut masih akan terus meningkat mengingat saat ini XL Axiata juga masih melakukan perluasan di semua kabupaten yang ada di Lombok.

Di sejumlah kawasan wisata paling popular di Lombok, XL Axiata juga secara khusus memastikan kualitas jaringan data. XL Axiata telah menyiapkan 5 BTS 4G di Sembalun, 1  BTS di kawasan Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak, 1 BTS 4G di Pink Beach Lombok Timur, 7 BTS 4G di Gili Trawangan, 1 BTS 4G di Desa Sade,11 BTS 4G di Sengigi, dan 3 BTS 4G di Narmada. Sementara itu untuk menopang kebutuhan Mataram sebagai kota terbesar dan teramai, XL Axiata mengoperasikan 149 BTS, sedangkan di Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid sudah beroperasi 3 BTS 4G dan Pelabuhan Lembar 2 BTS 4G.

Baca Juga :  RuralStar Pro, Solusi Layanan Internet untuk Daerah Terpencil

Saat ini jaringan XL Axiata untuk area NTB ditopang lebih dari 5.700 BTS, termasuk lebih dari 2.200 BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan XL Axiata terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya.

“Ini untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data,” imbuhnya.

Selain menyiapkan jaringan di seluruh Lombok, XL Axiata juga telah menyiapkan sejumlah pilihan produk yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mendukung produktivitas mereka.

Saat ini XL Axiata memiliki lebih dari 57,9 juta pelanggan, yang diperkuat lebih dari 162 ribu BTS, termasuk lebih dari 77 ribu BTS 4G. Jaringan 4G LTE XL Axiata juga terus diperluas, dan saat ini sudah mencapai lebih dari 458 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia.

“XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya. Khususnya  untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data,” kata dia. (nur/r5)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks
/