VIDEO : Warga Suka Makmur Gerung Lobar Gedor Kantor DPMD

GIRI MENANG-Sejumlah warga Desa Suka Makmur Kecamatan Gerung mendatangi Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) kemarin (1/7). Kedatangan mereka memprotes persoalan pengangkatan Ketua BPD Suka Makmur yang sebelumnya pernah diusulkan diberhentikan.

“Ketua BPD dianggap oleh warga kurang aktif dan tidak netral. Dalam beberapa kegiatan sosial tidak diikuti,” jelas Sekretaris Desa Suka Makmur, Mahsun Rabu (1/7).

Usulan pemberitahuan akhirnya sudah dilakukan oleh anggota dan sejumlah tokoh masyarakat dalam musyawarah desa sejak Januari 2019 lalu. Usulan dan rekomendasi pemberhentian juga sudah dikeluarkan pihak kecamatan. Hanya saja itu tidak pernah ada tindaklanjutnya sampai saat ini. Justru, pekan lalu Ketua BPD yang sudah di PAW tersebut muncul lagi sebagai ketua.

“Warga mempertanyakan kenapa bisa dipilih lagi jadi ketua oleh anggota,” jelasnya.

Akhirnya ini memantik reaksi di tengah masyarakat. Mereka menuntut Ketua BPD diberhentikan dengan dibuatkan SK yang tidak berlarut. Jika tidak ada kepastian, warga mengancam akan kembali ke Kantor Dinas PMD Lobar.

Kepala Dinas PMD Lobar Lalu Edy Sadikin membenarkan adanya usulan pemberhentian Ketua BPD. “Memang ada usulan. Tetapi ada juga yang menolak (pemberhentian),” jelasnya.

Sehingga masyarakat akhirnya terpecah menjadi dua kubu. Sehingga untuk meredam konflik di tengah masyarakat, Dinas PMD sempat mengambil jalan tengah menunggu situasi kondusif. Di samping ada usulan untuk pemekaran dusun.

Namun seiring waktu, muncul kembali gejolak di tengah masyarakat pasca diangkatnya kembali Ketua BPD tersebut. Padahal awal tahun 2019 lalu ia telah direkomendasikan camat untuk diberhentikan. “Intinya kami akan proses apa yang menjadi tuntutan masyarakat,” tandas Edy, sapaannya. (ton/r3)