VIDEO : Bupati KLU Lepas Ribuan Benih Ikan di Sungai Samaguna

79

TANJUNG-Pemda Lombok Utara melakukan kegiatan sosial pelepasan ribuan benih ikan dan penanaman pohon, di Dusun Dasan Tengaq, Desa Samaguna, Kecamatan Tanjung, kemarin (4/8).

”Dalam tahun anggaran ini memang belum banyak hal yang bisa kita lakukan karena kondisi keuangan belum memungkinkan akibat Covid-19,” ujar Bupati Lombok Utara H Djohan Sjamsu.

Meski program yang dijalankan saat ini kecil, namun manfaatnya bagi masyarakat pasti ada. Seperti pelepasan sekitr 2.000 benih ikan tersebut yang diprioritaskan untuk membangun ekonomi masyarakat.

”Selain melepaskan ikan, sekarang ini sudah ada namanya kredit pertanian,”  sambung dia.

Selain untuk perekonomian, kegiatan pelepasan benih ikan dan penanaman pohon ditujukan untuk pelestarian lingkungan. Meski sebagian wilayah KLU dikenal subur, namun sebagiannya lagi tidak seperti itu.  Terlebih saat musim kemarau tiba, kekeringan sering menjadi keluhan warga.

”Kita sama-sama menanam pohon untuk kepentingan bersama,” tegas dia.

”Dengan harapan menjaga kondisi air yang ada di daerah kita ini,” imbuh politisi PKB itu.

Djohan juga mengingatkan warga untuk tetap menjaga protokol kesehatan, mengingat pandemi belum bisa dipastikan kapan berakhir. Ia mengajak seluruh warga untuk bersama membangun untuk generasi berikutnya yang lebih baik.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Lombok Utara Evi Winarni mengatakan, pihaknya membagikan bibit pohon ke semua camat di KLU. Pihak kecamatan nantinya akan melanjutkan ke seluruh desa untuk melakukan penanaman.

”Ada bibit mahoni, bajur, dan nangka,” kata dia.

DKPP Lombok Utara memberi dukungan sebanyak 2.000 bibit pohon untuk penghijauan tersebut. Khusus di Kecamatan Kayangan didukung bibit pohon Mangga. Itu merupakan kegiatan rutin DKPP bersama Kementerian Pertanian.

”Dilepas benih ikan sejumlah 2.000 ekor di sepanjang Sungai Pekatan. Jadi secara simbolis bupati dan beberapa kepala dinas melepaskan itu,” jelas ketua Panitia HUT RI ke-76 di KLU itu.

Tidak hanya itu, di lokasi berbeda hal sama juga akan dilakukan Dinas Perhubungan Kelautan dan Perikanan (Dishublutkan). ”Dalam menyambut HUT RI ini, kami juga sudah menetapkan kawasan hortikultura dan ternak di Gangga dan Kayangan,” tandas dia. (fer/r9)