VIDEO : Mantan Sopir Jasa Ekspedisi Bobol Kos kosan

41

MATARAM-Bekas sopir salah satu jasa ekspedisi berinisial RAM alias Richard dijebloskan ke sel tahanan Polsek Cakranegara, Sabtu malam (16/10). Pria 26 tahun itu diduga telah membobol rumah kos di Jalan Prambanan, Kelurahan Sapta Marga, Cakranegara, Jumat (15/10) lalu. Dia mengambil sejumlah barang berharga.

Kapolsek Cakranegara Kompol Muhammad Nasrullah mengatakan, usai menerima laporan, pihaknya langsung melakukan penyelidikan. Hasilnya, pelaku mengarah ke Richard. ”Kami langsung memburu pelaku,” ujarnya.

Terduga pelaku Richard diketahui sedang tidur di kos salah satu rekannya di wilayah Jempong, Mataram. Polisi langsung meringkusnya. ”Saat kita tangkap, pelaku sedang tidur,” terangnya.

Dari pengakuannya pada polisi, Richard telah mengincar kos tersebut. Karena sering ditinggal penghuninya. ”Pelaku sudah mengintai kondisi kos sejak beberapa hari lalu,” tutur Nasrullah.

Ketika ada kesempatan, Richard langsung beraksi. Dia masuk dengan merusak jendela. ”Pelaku mengambil handphone dan tas milik korban,” ujarnya.

Di dalam tas itu terdapat uang Rp 2,1 juta, surat-surat kendaraan bermotor dan identitas, serta empat buah cincin emas. ”Total kerugian korban mencapai Rp 18 juta,” bebernya.

Handphone dan perhiasan emas tersebut belum sempat dijual. Begitu juga dengan uang korban. ”Barang bukti sudah kita amankan saat kita tangkap pelaku,” ujarnya.

Richard mengaku mencuri karena kepepet kebutuhan sehari-hari. ”Ada juga rencananya untuk membayar hutang,” kata Nasrullah.

Sementara itu, Richard mengaku dirinya mencuri untuk membelikan ayahnya kursi roda. ”Ayah saya sakit stroke,” katanya. (arl/r1)