alexametrics
Senin, 24 Januari 2022
Senin, 24 Januari 2022

VIDEO : Polisi Ringkus Spesialis Pencuri Brankas

MATARAM-Dua spesialis pencuri brankas berinisial IK alias Dadung, 17 tahun dan HM alias Songak, 31 tahun, dibekuk Tim Puma Satreskrim Polresta Mataram, Sabtu (18/12). Keduanya ditangkap di rumahnya wilayah Kelurahan Jempong Baru, Kecamatan Sekarbela, Mataram.

“Mereka ini spesialis pembobol rumah kosong. Tercatat sudah beraksi di 48 TKP,” ungkap Kasatreskrim Polresta Mataram Kompol Kadek Adi Budi Astawa, kemarin (19/12).

Mereka pernah membobol kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Lombok Barat (Lobar). Di sana mereka mengambil brankas berisi uang Rp 633,5 juta, sertifikat tanah, BPKB mobil, dan surat-surat berharga lainnya. “Selain di PMI, ada tiga TKP lainnya yang barang buktinya brankas,” ujarnya.

Setelah menangkap pelaku, polisi langsung mencari barang bukti brankas. Seluruh tim opsnal polsek jajaran beserta tim K-9 dan Tim Puma diterjunkan. “Awalnya pelaku tidak mengakui dan tidak jujur menyimpan barang bukti,” jelasnya.

Tetapi setelah ditelusuri, brankas-brankas yang ducuri dicemplungkan ke dalam sumur yang ditutup beton. Polisi harus berjibaku memecahkan beton penutup sumur. “Sumurnya cukup dalam. Awalnya susah mengambil barang bukti karena brankasnya cukup berat,” tutur Kadek Adi.

Polisi kembali menusuri sejumlah tempat untuk mencari brankas yang lain. Mereka berhasil menemukan tiga brankas yang disembunyikan di selokan. “Mereka menyembunyikannya untuk menghilangkan jejak,” kata dia.

Dadung dan Songak mengaku sudah membagi-bagi uang dari brankas yang dicurinya. Masing-masing mendapat Rp 300 juta. “Sisanya dibagi-bagi ke yang lain,” bebernya.

Kadek Adi mengatakan, Dadung dan Songak bukan saja membobol rumah kosong dan mencuri brankas. Mereka juga pernah menjambret dan mencuri sepeda motor. “Mereka ini residivis,” ujarnya.

Keduanya sudah ditetapkan sebagai tersangka. Mereka dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman sembilan tahun penjara. (arl/r1)

Berita Terbaru

Paling Sering Dibaca

Enable Notifications    OK No thanks