VIDEO : Baru Keluar Bui, Jambret Asal Lingsar Lobar Kembali Ditangkap Polisi

MATARAM-Pelaku pencurian berinisial DA alias Dicky, 21 tahun, belum juga kapok masuk bui. Beberapa hari keluar dari penjara, warga Menjeli, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat (Lobar), itu kembali berulah.

“Pelaku ini baru seminggu keluar dari penjara karena program asimilasi, dia kembali melakukan aksi jambret,” kata Kapolsek Lingsar AKP Dewi Komalasari, Kamis (25/6/20).

Dicky menjambret di wilayah Dusun Onor, Lingsar, Lobar. Dia beraksi bersama rekannya berinisial ST alias Agus, 28 tahun. “Mereka menjambret handphone milik korban yang sedang dimainkan saat berkendara,” terangnya.

Modusnya, kedua pelaku menunggu calon korbannya di pinggir jalan yang dalam keadaan sepi. Ketika calon korban melintas, pelaku membuntutinya. “Ketika sepi, pelaku langsung mengambil HP (handphone) korban,” jelasnya.

Terungkapnya aksi pelaku berawal dari pelacakan HP milik korban. Setelah ditelusuri ternyata HP itu berada di salah seseorang. “HP itu dijual ke seseorang dengan harga Rp 200 ribu,” jelasnya.

Setelah dikembangkan, sepanjang dia baru bebas dari penjara, Dicky sudah beraksi di dua TKP lainnya. Yakni, di Sayang-Sayang, wilayah Cakranegara, Kota Mataram.

Pelaku mendapatkan tiga HP dari aksinya. Semua HP itu sudah dijual dengan harga bervariasi. “Dari tiga HP itu mereka mendapatkan uang Rp 900 ribu,” tutur Dewi.

Uang hasil kejahatannya sudah habis dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Uang itu juga digunakan untuk membeli miras,” ujarnya.

Dari perbuatannya, pelaku dijerat pasal 365 KUHP. Ancaman hukumannya tujuh tahun penjara.

Dicky mengaku, sebelumnya dia dipenjara lantaran kasus pencurian burung. Dia divonis 1,2 tahun penjara. “Saya dibebaskan pada program asimilasi,” kata Dicky.

Dia kembali melakukan tindakan pencurian karena tidak memiliki pekerjaan. “Terpaksa saya melakukan itu (jambret), karena nganggur. Tidak ada uang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” pungkasnya. (arl/r2)