VIDEO : Warga Lobar Kini Bikin KTP Lebih Mudah, Tiga UPT Dukcapil Beroperasi

GIRI MENANG-Harapan sejumlah warga Lombok Barat (Lobar) agar pelayanan dokumen kependudukan bisa lebih dekat akhirnya terwujud. Tiga UPT Disdukcapil Lobar kini sudah mulai dioperasikan.

“Alhamdulillah kami sudah mulai memberikan layanan sejak minggu kedua Bulan Juni. Begitu UPT dioperasikan, masyarakat yang membutuhkan layanan dokumen langsung datang,” jelas Kepala UPT Dukcapil Wilayah II Gunungsari-Batulayar Siti Arita Darmawati kepada Lombok Post, Jumat (26/6).

Semua pelayanan dokumen kependudukan bisa dilaksanakan di UPT Dukcapil. Mulai dari Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian, KTP, Akta Perkawinan, hingga perekaman KTP. Hanya saja untuk pencetakan KTP dan Akta Perkawinan masih dilakukan di Kantor Dukcapil Lobar yang ada di Gerung. Lantaran alat pencetakan KTP masih belum tersedia di UPT Wilayah II.

“Tapi nanti ngambil KTP yang sudah dicetak bisa di sini. Berkasnya kami yang antar dan ambil ke Kantor Gerung,” terangnya.

Rita, sapaannya menjelaskan keberadaan UPT Dukcapil Wilayah II bisa melayani masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Gunungsari dan Batulayar. Lokasinya berada di kompleks Kantor Camat Gunungsari.

“Tujuannya untuk mendekatkan pelayanan agar masyarakat di Kecamatan Batulayar dan Gunungsari tidak perlu jauh-jauh mengurus dokumen kependudukan ke Gerung,” ungkapnya.

Rita menuturkan ada tiga UPT Dukcapil yang telah dibentuk Dinas Dukcapil Lobar. Diantaranya UPT Wilayah I yang melayani warga Kecamatan Narmada-Lingsar. Lokasinya di kompleks Kantor Camat Lingsar. Sementara UPT Wilayah III ada di Kantor Camat Sekotong.

“Dengan keberadaan UPT Dukcapil ini, kami berharap masyarakat bisa tertib administrasi,” ungkap Rita.

Ke depan ia berharap fasilitas UPT Dukcapil di wilayah II bisa semakin lengkap. Khususnya keberadaan mesin cetak KTP, Akta perkawinan hingga berbagai fasilitas pendukung lainnya. Agar masyarakat bisa mendapatkan layanan pengurusan dokumen kependudukan yang lebih cepat.

“Karena keberadaan dokumen kependudukan ini sangat penting. Khususnya menunjang program lain dari pemerintah,” harapnya.

Firman, salah satu warga Desa Kekakit mengaku senang dengan adanya UPT Dukcapil Wilayah II yang ada di kompleks Kantor Camat Gunungsari. Keberadaan layanan ini menurutnya menjawab harapan masyarakat Gunungsari dan Batulayar yang selama ini kesulitan mengurus dokumen kependudukan.

“Ini makanya saya antar nenek saya ngurus KTP. Dari dulu belum pernah ngurus karena terlalu jauh ke kantor Dukcapil Gerung,” bebernya.

Plt Camat Narmada Muhammad Busyairi juga mengaku pengurusan dokumen sekarang tidak perlu lagi ke Kantor Dukcapil Lobar yang ada di Gerung. “Untuk warga Narmada dan Lingsar, sementara UPT-nya di Kantor Camat Lingsar,” jelasnya.

Hanya saja, pelayanan masih belum optimal karena masyarakat banyak yang belum tahu keberadaan UPT Dukcapil ini. Sehingga pemerintah kecamatan terus mensosialisasikan keberadaan layanan UPT Dukcapil ini. (ton/r3)